Minggu, 26 April 2015

Apa itu Pendidikan Karakter?


Karakter dihubungkan dan dipertukarkan dengan istilah etika, akhlak, atau nilai dan berkaitan dengan kekuatan moral, berkonotasi positif, bukan netral.
Karakter secara koheren memancar dari hasil olah pikir, olah hati, olah rasa dan karsa, serta olah raga seseorang atau sekelompok orang.
Karakter lebih memberi penekanan pada definisi psikososial yang dihubungkan dengan pendidikan dan konteks lingkungan.
Dengan demikian dapat dikatakan bahwa proses perkembangan karakter pada seseorang dipengaruhi oleh banyak faktor yang khas yang ada pada orang yang bersangkutan yang juga disebut faktor bawaan (nature) dan lingkungan (nurture) dimana orang yang bersangkutan tumbuh dan berkembang.
Jadi karakter seseorang dapat di pengaruhi oleh individunya sendiri ataupun oleh lingkungan sekitarnya.
Sedangkan Pendidikan menurut beberapa ahli dan UU sisdiknas adalah :

1.Pendidikan menurut UU sisdiknas 

Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan Negara.

2. Pendidikan Menurut Carter V. Good

Pendidikan adalah proses perkembangan kecakapan seseorang dalam bentuk sikap dan prilaku yang berlaku dalam masyarakatnya. Proses sosial dimana seseorang dipengaruhi oleh sesuatu lingkungan yang terpimpin (khususnya di sekolah) sehingga ia dapat mencapai kecakapan sosial dan mengembangkan kepribadiannya.

Ada enam pilar-pilar karakter pendidikan :

1.  Trustworthiness (Kepercayaan)
2.  Recpect (Respek)
3.  Responsibility  (Tanggungjawab)
4.  Fairness  (Keadilan)
5.  Caring  (Peduli)
6.  Citizenship  (Kewarganegaraan) 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar